Gapoktan Siantar terima Bantuan

Walikota Pematangsiantar serahkan BLM - PUAP Rp. 1,1 M

Pratinjau


PEMATANGSIANTAR 

Walikota P.Siantar Hulman Sitorus SE secara simbolis menyerahkan BLM-PUAP kepada 11 Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani), Jumat (03/12) di halaman KUD Sumber Jaya, Jalan Marihat P.Siantar 

Pada kesempatan itu, Walikota Hulman Sitorus SE mengatakan kegiatan peningkatan usaha agribisnis pedesaan bertujuan untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran melalui menumbuhkembangkan kegiatan usaha agribnisnis pedesaan sesuai dengan potensi wilayah, meningaktkan kemampuan pelaku usaha agribisnis, pengurus gapoktan, penyuluh dan penyelia mitra tani (PMT), memberdayakan kelembagaan petani dan ekonomi pedesaan untuk mengembangkan kegiatan usaha agribsnis.

Walikota menghimbau agar para petani dan Kelompok Tani mempergunakan apa yang diperoleh saat ini dengan baik dan benar, untuk peningkatan kesejahteraan petani secara khusus dan dan masyarkat Kota P.Siantar pada umumnya. Program Bantuan Langsung Masyarakat-Peningkatan Usaha Agribisnis Perdesaan (BLM-PUAP) bertujuan untuk meningkatkan fungsi kelembagaan ekonomi petani menjadi jejaring atau mitra lembaga keuangan dalam rangka akses ke permodalan.

Program BLM-PUAP yang merupakan Program Nasional, disediakan pemerintah sebagai sumber modal usaha bagi para petani guna pengembangan usaha agribisnis di pedesaan. Di Kota Pematangsiantar sendiri, ada 11 Gapoktan yang menerimanya yakni sebesar Rp. 1,1 M ( Rp100.000.000) per Gapoktan
 
Kadistan, Ir Robert Pangaribuan Msi dalam laporannya mengatakan, dasar pelaksanaan sesuai dengan Keputusan Mentan Nomor 2838/Kpts/OT.140/8/2010 tentang Penetapan desa dan gabungan kelompok tani (Gapoktan) penerima BLM-PUAP tahun 2010 dan undangan Wali kota Nomor 005/5335/XI/2010 tertanggal 30 November 2010 .

Penyerahan secara simbolis, diberikan kepada 1.591 orang yang tersebar di 47 kelompok tani, pada 11 Gapoktan. Selain itu juga diserahkan benih Padi non Hibrida kepada 35 kelompok tani, bantuan Jagung Hibrida kepada 66 kelompok, serta bantuan 9 unit Handtraktor dan benih Ikan dari Dinas Perikanan dan Peternakan Kota Pematangsiantar. Seluruh bantuan tersebut bersumber dana APBN-P tahun 2010. 

Turut hadir DPR RI Komisi IV Drs.Anton Sihombing,Wakapolres, Dandim,Kejari,DPRD Siantar Komisi II Kenedi Parapat, Kadis Pertanian, Ir Robert Pangaribuan,Kadis Peternakan,Kabag Humas & Protokoler Drs.Daniel Siregar, para pimpinan SKPD, Camat dan Lurah se-Kota Pematangsiantar.
 

Copyright 2010 Berita | Theme designed by Smart template