Seminar Sehari Pengembangan Industri Pariwisata Danau Toba


Wakil Walikota P.Siantar Drs. Koni Ismail Siregar resmi membuka Seminar sehari Pengembangan Industri Pariwisata di Gedung BI Jl. H Adam Malik, P.Siantar ( 26/10).
Seminar Sehari Pengembangan Industri Pariwisata Danau Toba, adalah bentuk kerjasama antara Bank Indonesia Cabang P.Siantar dengan BI cabang Medan bersama dengan unsur Pemerintah Daerah antara lain Kota P.Siantar, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Samosir.
Deputi Pimpinan Bank Indonesia Cabang Medan Achmad Fauzy mengatakan bahwa seminar tersebut mengupas upaya bersama guna meningkatkan sumber devisa bagi Negara dan sumber PAD Pemerintah Daerah setempat. Adapaun upaya yang akan dilakukan adalah melalui Pendekatan Cluster yang mengelompokkan industri yang saling berhubungan (related&supporting), jasa penunjang, infrastruktur, penelitian, pelatihan pendidikan, infrastruktur informasi, teknologi, sumber daya alam serta lembaga-lembaga terkait.
Aadapun manfaat pendekatan ini menurut Ka.Cab BI Pematangsiantar Agus Budiono adalah guna memperkuat perkonomian local, memfasilitasi reorganisasi industry, memperkuat pada sumber daya public, peningkatan produktivitas dan efisiensi serta mendorong dan mempermudah inovasi.
Wakil Walikota P.Siantar Drs. Koni Ismail Siregar dalam arahannya mengatakan, Pemerintah Kota Pematangsiantar memberikan apresiasi yang tinggi terhadap pengembangan Pariwisata. Pariwisata merupakan Instrumen penting guna peningkatan perolehan Devisa bagi Negara. Kota P.Siantar merupakan daerah transit bagi wisatawan yang hendak berwisata ke Danau Toba, penyangga Pariwisata dan UKM di Kota Parapat, hendaknya perlu ada system atau pola yang tepat agar mendapat kontribusi yang kelak dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kota ini.
Mantan Kabag Perekonomian Pemko P.Siantar ini juga menjelaskan bahwa, dalam hal pengembangan pariwisata Danau Toba, perlu adanya komitmen dan sinergis antara pimpinan nasional dengan Kepala Daerah setempat untuk mobilisasi, serta keterlibatan stakeholder lainnya, misalnya Perbankan, Akademisi, Dunia Usaha/ UKM, Lembaga-lembaga Pelatihan dll. “ Disini perlu ditekankan, UKM (Usaha Kecil Menengah) merupakan unjung tombak pengembangan Pariwisata”. tegasnya.


                                       Wakil Walikota P.Siantar dan Bupati Kabupaten Samosir
                                            menerima cinderamata dari Ka.Cab B.I P.Siantar

Pada kesempatan tersebut, Kepala Cabang BI P.Siantar memberikan secara simbolik cinderamata kepada Wakil Walikota P.Siantar dan Bupati Kabupaten Samosir.
Tampak hadir, Bupati Kabupaten Samosir Ir. Mangindar Simbolon, Anggota DPRD Kota P.Siantar Gundian SH, Kadis Pariwisata Kab. Samosir, Kota P.Siantar dan Kab. Simalungun, Ka.Bappeda Kota P.Siantar, para pelaku dunia usaha dan UKM mitra binaan Perbankan yang ada di kedua daerah.
 

Copyright 2010 Berita | Theme designed by Smart template