Tumbuhkan Tridaya dalam Pembangunan


Wakil Wali Kota Siantar, Drs Koni Ismail Siregar mewakili Wali Kota meresmikan sumber air Tirta Sari di Jalan Sibatu-batu Blok III, Kelurahan Bah Kapul, Kecamatan Siantar Sitalasari, Kamis (21/10).
Sumber air Tirta Sari, sesuai penjelasan panita dengan panjang aliran 2,3 km, mampu memenuhi kebutuan air 300 kepala keluarga (KK) di Kelurahan Bah Sorma dan Bah Kapul. Ketua Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) Gapura Jaya, Mansur menerangkan, dana pembangunan sumber air diperoleh dari dana Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) Perkotaan dan swadaya dari masyarakat setempat.
Untuk pembangunan sumber air, menghabiskan dana sebesar Rp99.451.000, di mana dana yang diperoleh dari swadaya sebesar Rp30.205.000. Mansur menambahkan, pembangunan sumber air dilaksanakan dengan mengutamakan azas kekeluargaan, dan seluruh warga terlibat dalam pengerjaan. "Kita sangat bangga akan daerah kita, walau hanya dikerjakan 13 orang tanpa ada imbalan, pekerjaan ini bisa selesai sekitar dua bulan, dan mampu dinikmati 300 KK," ujar Mansur.
Camat Siantar Sitalasari, Sofie M Saragih S.STP mengharapkan kepada masyarakat, agar memelihara dan menjaga sumber air agar untuk beberapa tahun ke depan masih bisa digunakan untuk menghidupi masyarakat. "Sumber air ini dibangun dengan sukarela dengan dana yang sedikit. Jadi, seluruh pihak diharapkan dapat memelihara," harapnya.
Wakil Wali Kota Siantar, Drs Koni Ismail Siregar menegaskan, Pemerinyah Kota P.Siantar, senantiasa berusaha menciptakan pemerataan pembangunan. "Kita akan rajin meninjau ke lapangan, kapan dan di mana saja daerah yang membutuhkan pembangunan, dengan 3 aspek Tridaya yakni Lingkungan, Sosial dan Ekonomi ".
Ditambahkannya, dengan program PNPM Perkotaan ini, kiranya harus disalurkan pada sasaran yang tepat demi menciptakan pemerataan pembangunan guna penanggulangan kemiskinan, mampu meberikan kontribusi pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia serta Pencapaian Millenium Development Goal’s ( MDGs) di masing-masing wilayah. "
Turut hadir, Anggota DPRD Alosius Sihite, Aga Munthe dan Chodri Horas Silitonga, Sekda Drs. Donver Panggabean, Ka. Bappeda Adhyaksa Purba SH, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perkotaan Edy Noah Saragih, Kadis PU Ir. Andres Tarigan, serta para Lurah diwilayah Kecamatan Siantar Sitalasari.
 

Copyright 2010 Berita | Theme designed by Smart template