Memperingati Hari Jalan Kaki Sedunia,

Memperingati Hari Jalan Kaki Sedunia, Wali Kota Siantar, Hulman Sitorus SE besama sejumlah pejabat di jajaran Pemko Siantar bersama ribuan masyarakat didominasi pelajar dan mahasiswa, Minggu (10/10) Pukul 06.00 mengiktui gerak jalan kaki.
Rute awal gerak jalan di Lapangan H Adam Malik menuju Jalan Kartini, Jalan Adam Malik Ujung, Jalan Raya, Jalan Rajawali, Jalan Kasuari, Jalan Simanuk-manuk, Jalan MH Sitorus dan kembali ke Lapangan H Adam Malik.
Usai acara, Kepala Dinas Pemuda Olahraga, kebudayaan dan Pariwisata Siantar, Drs Nelson Siahaan menjelaskan, kegiatan merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Kota Siantar dan di Indonesia. "Jumat lalu, Disporabudpar Provinsi Sumatera Utara menyurati Pemko Siantar melalui Disporabudpar Kota Siantar, meminta agar mengajak masyarakat untuk berjalan kaki dengan melaksanakan langsung dengan jalan santai bersama masyarakat. Walau mendadak, kegiatan ini mendapat dukungan dari mayarakat yang sadar bahwa olahraga sangat penting bagi kesehatan," kata Nelson.
Nelson menjelaskan, jalan kaki merupakan olah raga yang dapat dilakukan semua kalangan karena tidak membutuhkan biaya, sederhana dan sehat serta ramah lingkungan. "World Walking Day, merupakan bentuk kampanye dunia untuk mengurangi polusi udara akibat pemakaian kendaraan dalam setiap aktifitas," ungkapnya.
Sementara Kepala Sekolah (Kasek) SMP Negeri 8 Pematangsiantar, Drs Nelson Siagian yang ikut dalam acara jalan kaki mengatakan, kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan serta perlu dibudayakan kepada masyarakat dengan melakukan sosialisasi.
"Kami mengimbau para pelajar membudayakannya, bukan hanya sekedar saat mengikuti acara peringatan hari olahraga, tetapi setiap hari. Bangun pagi, dilanjutkan dengan olahraga pagi menghirup udara segar sebelum melaksanakan aktifitas sehari-hari akan mendatangkan rasa segar pada tubuh," kata Siagian.
Turut hadir dan berpartisipasi dalam acara jalan kaki sedunia, Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Drs Esron Sinaga, Kadis Perhubungan Viktor Sirait, Kepala Inspektorat Drs Pardamean Silaen, Kakan Kesbanglinmasm Lincoln Tampubolon, Kadis Peternakan dan Perikanan, Jhon Simon Pahpahan serta sejumlah pejabat dan PNS di jajaran SKPD Pemko Siantar.
 

Copyright 2010 Berita | Theme designed by Smart template